Posted by : Dyhan Rabu, 28 September 2016

I. Pendahuluan

   Seiring dengan berkambang zaman, ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang IPTEK makin berkembang dengan pesat. Hal ini pula yang merupakan salah satu faktro pendukung yang mendorong laju dari Era Globalisasi. Dalam kurun waktu 30 tahun belakangan ini, muncul berbagai macam inovasi-inovasi teknologi modern nan canggih yang lahir seiring berkembangnya kemajuan teknologi demi terus memberikan berbagai macam manfaat positif yang berguna bagi kebutuhan manusia. Kebutuhan kebutuhan manusia juga kini menjadi mudah untuk terpenuhi khususnya  kebutuhan akan suatu data maupun informasi
   Dengan hadirnya suatu Sistem Informasi dan Teknologi Informasi kebutuhan akan data dan informasi menjadi terfasilitasi.


II. Analisa

Perkembangan Teknologi Informasi Sistem Infromasi

   Dulu manusia telah mengenal yang namanya teknologi. Selain itu, dulunya manusia pernah mengkonsep sebuah ide atau imajinasi. Namun karena kurangnya teknologi yang ada pada jaman itu, akhirnya konsep itu tak terlaksana. Contohnya saja, pada jaman dahulu manusia membuat konsep agar orang yang berada di tempat yang berjauhan, dapat merapatkan sesuatu atau bertemu. Namun karena dulunya tidak ada Teknologi yang seperti itu, maka hingga dia meninggal, konsep tersebut belum terlaksana. Namun karena jaman sekarang sudah ada teknologi yang seperti itu, sehingga sekarang ada teknologi yang menyerupai konsep tersebut.


Sejarah Perkembangan Sistem Informasi


Pada tahun 1940 saat perang dunia ke 2 Sistem Informasi digunakan oleh militer untuk pengiriman dan penerimaan dokumen dokumen. Pengiriman dan penerimaan dokumen dokumen ini disimpan dalam bentuk magnetic tape.


1. Generasi Pertama (1945-1955)
   Pada generasi ini belum ada sistem operasi, sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung.


2. Generasi Kedua (1955-1965)
   Batch processing systemJob dikumpulkan dalam satu rangkaian kemudian dieksekusi secara berurutan.Sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi, tapi beberapa fungsi dasar sistem operasi telah ada, misalnya FMS (Fortran Monitoring System) dan IBSYS,keduanya merupakan bagian yang fungsinya merupakan komponen sistem operasi

3. Generasi Ketiga (1965-1980)
  Dikembangkan untuk melayani banyak pemakai secara online, sehingga menuntut sistem komputer dapat digunakan secara :
  • Multiuser
    Berarti komputer yang memiliki resource yang dapat digunakan oleh banyak orang sekaligus.
  • Multiprogramming
    Berarti komputer melayani banyak proses/job sekaligus pada waktubersamaan, yaitu dengan membagi (mempartisi) memori menjadi beberapa bagian dengan satu bagian memori adalah satu job berbeda.
  • Time sharingVarian dari multiprogramming, dimana tiap pemakai mempunyai satuterminal online dengan pemroses hanya memberi layanan pada pemakai yangaktif secara bergantian secara cepat.
  • Spooling
    m
    embuat peripheral seolah-olah dapat digunakan bersama-sama sekaligus,dapat diakses secara simultan, yaitu dengan cara menyediakan beberapapartisi memori. Saat terdapat permintaan layanan peripheral, langsungditerima dan data disimpan lebih dulu di memori yang disediakan (berupaantrian), kemudian dijadwalkan agar secara nyata dilayani oleh peripheral.

4. Generasi Keempat (1980-199x)
   Sistem operasi yang dapat melayani banyak mode, yaitu mendukung batch processing, timesharing dan (soft) real time applications. Perkembangan denganmeningkatnya kemampuan komputer dekstop (PC) dan teknologi jaringan(TCP/IP). Selama tahun 1980-an dan awal tahun 1990-an, perusahaan raksasa multinasional banyak menyelesaikan pembangunan sistem informasi global mereka (GIS/ Global Information System), tetapi masih terdapat beberapa hal lain yang masih harus diselesaikan dalam rangka menyempurnakan sistem pengelolaan informasi berbasis komputer yang mendunia ini. 


Pada tahun 2000-an, kurang lebih 2070 perusahaan multinasional akan didorong untuk memperbaiki aplikasi sistem informasi dan bentukan arsitektur sistem ini. Sistem yang mulanya dirancang untuk mendukung operasi yang tersentralisasi ataupun tidak tersentralisasi akan ditingkatkan untuk memampukan perusahaan induk dan cabangnya beroperasi sebagai sebuah koordinat suatu sistem yang terintegrasi. Adapun hal yan perlu ditingkatkan dan diintegrasikan secara utuh dalam pematangan sistem informasi dunia adalah peranan sistem informasi berbasis komputer (Computer Based Information System/ CBIS).

Sistem Informasi adalah sekumpulan hardware, software, brainware, prosedur dan atau aturan yang diorganisasikan secara integral untuk mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat guna memecahkan masalah dan pengambilan keputusan.


Komponen - Komponen Sistem Informasi


Perangkat keras (hardware)
         
mencakup peranti-peranti fisik seperti komputer dan printer.


Perangkat lunak (software)
         sekumpulan instruksi yang memungkinkan perangkat keras untuk dapat memproses               data.

Prosedur

        sekumpulan aturan yang dipakai untuk mewujudkan pemrosesan data & pembangkit              keluaran yang dikehedaki.

Orang
         semua pihak yang bertanggung jawab dalam pengembangan sistem informasi,                          pemrosesan, dan penggunaan keluaran sistem infor­masi.

Basis data (database)

         sekumpulan tabel, hubungan, dan lain-lain yang berkaitan dengan penyimpanan data.

Jaringan (Network)
         sistem penghubung yang memungkinkan sesumber (resources) dipakai secara bersama          atau diakses oleh sejumlah pemakai.


Manfaat Positif Sistem Informasi / Teknologi Informasi
       +  Dapat meningkatkan produktifitas kerja
       +  Memungkinkan kegiatan terselesaikan dengan cepat, akurat dan tepat
       +  Kebutuhan akan data dan informasi menjadi terpenuhi

       +  Mempermudah pertukaran informasi

Dampak Negatif Sistem Informasi / Teknologi Informasi
       -  Banyak orang yang menyepelehkan tugas dengan mengundur-undur kan waktu atau                tidak langsung mengerjakan karena menilai dengan adanya sistem informasi tugas                  akan cepat selesai olehkarena itu ia mengerjakan nya dilain waktu dan memilih                        bersantai
   


Inovasi Inovasi Teknologi Informasi


Kreativitas dan imajinasi tanpa ujung, hal itu lah yang mendasari lahir dan muncul berbagai trobosan inovasi inovasi sistem teknologi informasi yang modern dan canggih hal ini juga merupakan salah satu hasil dari adanya sistem komputer yang terintegerasi ataupun terhubung antara satu dengan yang lain nya, berikut adalah inovasi inovasi kreatif :


1. Smartphone
Smartphone adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan dengan pengunaan dan fungsi yang menyerupai komputer.





2. Google Glass
Google Glass merupakan sebuah perangkat wearable yang di kembangkan Google beberapa waktu ke belakang yang berbentuk kaca mata dan memiliki fitur untuk menampilkan informasi selayaknya teknologi smartphone dan komputer.



3. Drone
Drone adalah pesawat tanpa awak yang dikendalikan dari jarak jauh. Dahulu mungkin orang mengenal drone atau pesawat tanpa awak digunakan oleh militer untuk memata-matai musuh di daerah konflik. Namun saat ini drone banyak digunakan sebagai alat untuk mengambil visual baik gambar maupun video dari ketinggian. Karena dapat dikendalikan dari jarak jauh layaknya remote control, drone sangat berguna bagi perkembangan multimedia di dunia saat ini.


4. Virtual Reality (VR)
Virtual reality (VR) atau realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru dari suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi.




Kesimpulan

Lahir dan berkembang pesatnya inovasi inovasi IPTEK serta Sistem InOformasi atau Teknologi Informasi yang memiliki segudang manfaat ini sangat memanjakan kebutuhan kita, tentu saja itu merupakan sisi positif dari teknologi. Akan tetapi teknologi juga mempunyai sisi negatif pula, oleh karena itu kita diharuskan untuk bijak dalam menyikapi semua ini. Jangan sampai kita yang menjadi korban dan dibudakkan oleh sisi negatif dari teknologi.









REFERENSI

{ 1 komentar... read them below or add one }

- Copyright © 2015 Dyhaη Haqnas - Shiroi - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -